Blog Post

Urus Izin Pendirian Yayasan Murah Jakarta

Pendirian Yayasan

GAPURA OFFICE – Hai sobat Gapura! Yayasan atau Foundation merupakan organisasi berbadan hukum yang bergerak di bidang agama, sosial, serta kemanusiaan. Yayasan umumnya dikelola oleh swasta dan bersifat non profit. Di Indonesia sendiri Yayasan berperan aktif dalam membantu pemerintah meningkatkan kesejahteraan masyarakat di berbagai lini kehidupan.

Nah, apabila Anda membutuhkan bantuan, serahkan saja kepada tim kami, Gapura Office atau Virtual Officeku. Kami adalah Biro Jasa penyedia jasa perizinan dan legalitas terpercaya di Indonesia, khususnya di wilayah Jakarta, Tangerang, Bekasi, dan juga Depok.

Dengan proses yang cepat, kami siap membantu Anda yang berencana ingin mendirikan Yayasan berbadan hukum dengan tujuan sosial, agama, maupun kemanusiaan.

Jika Anda ingin memesan jasa Konsultan dari Gapura Office, maka Anda hanya perlu menyiapkan biaya Pendirian Yayasan saja.

Namun, untuk mendirikan sebuah Yayasan, Anda perlu mempersiapkan berbagai persyaratan yang bisa dibilang tidak sedikit. Selain menyiapkan syarat-syarat tersebut, tentu dibutuhkan pula biaya untuk administrasi.

Tahapan Dalam Mendirikan Yayasan

Adapun tentang pendirian dan legalitas Yayasan, maka secara umum ada beberapa tahap yang harus dilewati oleh calon pendiri Yayasan, di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Perumusan Nama Yayasan.

Calon pendiri Yayasan perlu menyediakan setidaknya tiga nama untuk Yayasan yang akan dibentuknya. Nama ini kemudian akan dikaji oleh Kementerian Hukum dan HAM melalui Notaris. Proses perumusan nama Yayasan ini bisa memakan waktu kurang lebih satu (1) bulan. Jika nama Yayasan telah disetujui, maka Anda bisa lanjut ke tahap berikutnya.

2. Menentukan Fokus Yayasan.

Sebuah Yayasan wajib memiliki fokus sejak awal didirikannya. Apakah akan bergerak di bidang kemanusiaan, kesehatan, pendidikan, atau yang lainnya, lengkap dengan visi misinya. Bidang fokus dan visi misi ini nantinya akan menjadi acuan penting dalam pelaksanaan kegiatan Yayasan ke depannya.

3. Membentuk Struktur Kepengurusan.

Keanggotaan Yayasan disebut dengan “Organ Yayasan” yang meliputi, yaitu :

  • Pembina (Ketua).
  • Pengurus.
  • Pengawas.

Dalam pelaksanaannya, Yayasan dikelola sepenuhnya oleh pengurus. Pengurus juga wajib menyerahkan laporan keuangan dan perkembangan Yayasan kepada pembina.

Adapun pengawas bertugas memberi masukan atau nasihat hukum kepada pengurus tentang kegiatan Yayasan. Sedangkan lama jabatan pengurus Yayasan adalah lima (5) tahun, dan dapat diangkat kembali berdasarkan kesepakatan pembina.

4. Membentuk Badan Pengawas Yayasan.

Pengawas Yayasan memiliki tugas untuk memberikan masukan atau nasihat kepada pengurus terkait segala pelaksanaan kegiatan Yayasan. Pengawas ditunjuk dan diangkat oleh pembina dengan masa kerja lima (5) tahun. Pembina berhak memberhentikan pengawas dengan alasan tertentu kapan saja.

5. Menyusun Anggaran Dasar.

Anggaran Dasar (AD) merupakan syarat selanjutnya dari proses pendirian Yayasan dan legalitasnya. AD ini memuat hal-hal seperti :

  • Nama Yayasan.
  • Lokasi.
  • Visi misi.
  • Program kerja Yayasan.
  • Nilai aset Yayasan (harus dipisah dari aset milik pendiri).
  • Struktur organisasi.
  • Hak dan kewajiban pengurus.
  • Tata cara pengangkatan anggota.
  • Tata cara pembubaran Yayasan.

6. Penandatanganan Akta Notaris.

Apabila nama Yayasan sudah disetujui (seperti pada poin pertama), maka Notaris akan mengeluarkan Akta yang harus ditandatangani oleh pendiri Yayasan serta mendapatkan pengesahan yang dikeluarkan oleh Kemenkum HAM.

Pendirian Yayasan dan legalitasnya ini bukanlah proses yang mudah. Anda perlu meluangkan waktu dan tenaga ekstra untuk mengumpulkan berkas hingga pengajuan nama Yayasan.

Demikianlah beberapa tahap yang harus dilewati oleh calon pendiri Yayasan. Nah, jika Anda membutuhkan bantuan, serahkan saja kepada tim kami, Gapura Office.

Baca juga: Biaya Pendirian Yayasan, Perhatikan Prosedurnya

Anda dapat menghubungi tim Marketing kami DI SINI untuk mendapatkan informasi lengkap dan konsultasi GRATIS untuk diskusikan lebih lanjut, apa saja yang dibutuhkan agar Anda bisa segera dapat memulai Mendirikan Yayasan.

Soal harga, jangan khawatir! Karena dapat disesuaikan dari lokasi Anda berdomisili. Dengan harga yang sesuai dengan kebutuhan, maka Anda dapat menjalankan usaha bisnis Anda sesuai dengan kapasitasnya dan lebih efektif serta efisien.

Soal kualitas dan kredibilitas, tak perlu ragu! Karena perusahaan kami telah bekerja untuk membantu urusan perizinan sejak lama, termasuk juga dalam mengurus Pendirian Yayasan. Selain itu, perusahaan kami juga sudah mengantongi Izin resmi dari pemerintah dan telah bekerja sama dengan banyak pengusaha.

Jadi, jangan ragu jika Anda ingin menjadikan kami sebagai partner dalam membuat atau mengurus Izin Usaha milik Anda. Karena perusahaan kami terbukti memiliki sederet tim ahli yang profesional dan siap membantu Anda mengurus segala dokumen dan perizinan dengan mudah dan cepat.

Diskusikan pada kami terkait badan usaha yang ingin Anda dirikan. Kami siap menjadi partner Anda dalam mendirikan badan usaha yang Anda inginkan.

Ada banyak layanan yang kami tawarkan di sini. Untuk mengetahuinya dengan lebih jelas, Anda bisa langsung mengakses situs resmi kami. Semua layanan dicantumkan dalam website resmi kami, lengkap dengan penjelasan singkat dan biaya yang dibebankan kepada klien.

Harga yang kami tawarkan di atas sangatlah terjangkau. Harga layanan tersebut sudah termasuk dengan pengurusan secara lengkap atau menyeluruh untuk dokumen perizinan usahanya sekaligus.

Untuk informasi penawaran lengkap serta konsultasi GRATIS untuk pendirian perusahaan, Anda dapat menghubungi tim Marketing kami DI SINI untuk mendapatkan informasi tentang legalitas dan promo-promo menarik lainnya dari kami serta Konsultasi GRATIS tentang jasa yang kami tawarkan. Kami siap membantu Anda!

Sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan staff kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap pendirian badan usaha agar Anda bisa mengutarakan keinginan bentuk legalitas bisnis, bidang usaha yang Anda jalani, dan kemungkinan adanya kendalanya.

Dengan demikian, maka staff kami bisa memberikan penjelasan secara akurat dan memberikan jalan keluar kalau terjadi kendala tertentu.

Ingat, persiapkan segala persyaratan dalam membuat Izin Usaha agar pengurusan bisa berjalan dengan lancar dan mudah. Daftarkan usaha Anda sekarang juga, dan jadilah pengusaha yang sukses suatu saat nanti.

Untuk selanjutnya, Anda bisa menjalankan program kerja secara profesional, yakni dengan adanya managemen kerja yang telah terencana dengan baik. So, start your business right bersama Gapura Office!

PT Garuda Perkasa Putra Angkasa (virtualofficeku.co.id) terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM RI, dengan SK Nomor AHU-0043399.AH.01.01.Tahun 2016
?>