Blog Post

Virtual Office VS Kantor Konvensional, Pilih Mana?

Virtual Office Peluang Usaha

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Tak bisa dipungkiri, Virtual Office kini telah menjadi fenomena yang booming. Hal itu terlihat dimana sekarang ini semakin banyak pengusaha muda milenial yang menggunakan layanan Virtual Office. Mulai dari usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), hingga perusahaan-perusahaan besar.

Tak hanya itu saja, bahkan kini penyedia layanan Virtual Office juga semakin menjamur. Dan salah satu penyedia layanan Virtual Office di wilayah Jakarta dan sekitarnya adalah Gapura Office atau Virtual Officeku.

Namun, keberadaan serta penggunaan Virtual Office ini bukannya tanpa kontroversi. Bahkan sebagian pihak ada yang mempertanyakan mengenai keefektifan Virtual Office bila dibandingkan dengan kantor konvensional. Dikatakan, Virtual Office tidak dapat memberikan sarana komunikasi yang seefektif kantor konvensional berikan.

Biasanya, argumen yang diajukan adalah bahwa Virtual Office menghilangkan tatap muka. Padahal tatap muka adalah merupakan bentuk komunikasi yang paling efektif. Sementara keberadaan dari sebuah kantor konvensional akan memaksa para karyawan untuk melakukan komunikasi dengan efektif. Imbasnya, pekerjaan dapat diselesaikan dengan cepat dan efisien. Benarkah demikian?

Hal tersebut tentu tidak dapat dibenarkan. Sebab, pada dasarnya kehadiran Virtual Office bertujuan untuk memangkas biaya-biaya yang seharusnya bisa dipangkas. Seperti misalnya, sewa kantor, layanan kesekretariatan, dan lain sebagainya.

Selain itu, pengguna Virtual Office juga masih tetap bisa melakukan pertemuan tatap muka untuk berkomunikasi, namun di tempat selain kantor. Dan tak jarang pula penyedia layanan Virtual Office menawarkan meeting room dan Coworking Space, seperti yang ditawarkan oleh Gapura Office.

Tak hanya itu saja, argumen lain yang juga kerap diajukan adalah bahwa Virtual Office meningkatkan ketergantungan akan teknologi, sehingga kualitas pekerjaan dan hidup karyawan juga menjadi menurun. Sementara kantor konvensional tidak terlalu mengandalkan teknologi.

Tentu saja hal tersebut tidak benar. Memang, tidak dapat dipungkiri bahwa penggunaan teknologi secara berlebihan akan berakibat buruk bagi kesehatan karyawan perusahaan yang bersangkutan. Dan buruknya kesehatan karyawan ini juga dapat mempengaruhi kualitas pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan yang bersangkutan.

Meski demikiani, patut dipungkiri bahwa di era globalisasi ini, tidak ada yang bisa menghindari teknologi. Bahkan sebaliknya, Anda harus dapat memanfaatkan keberadaan teknologi untuk menunjang pekerjaan Anda. Jadikan teknologi sebagai pendukung, bukan musuh. Penggunaan teknologi yang rasional dan tidak berlebihan pun dapat mengurangi dampak buruk yang ditimbulkan dari teknologi.

Argumen terakhir adalah, bahwa Virtual Office lebih mahal untuk jangka panjang. Meksipun Virtual Office tidak membutuhkan sewa ruang kantor, namun mau tidak mau, para karyawan perusahaan harus bertemu untuk membahas proyek, sehingga perlu menyewa tempat. Selain itu, ada pula biaya peralatan teknologi seperti laptop, paket internet, dan lain sebagainya untuk mendukung kinerja perusahaan.

Argumen tersebut tentu saja kurang tepat. Pasalnya, biaya untuk penggunaan teknologi adalah keniscayaan yang tidak dapat dihindari di zaman sekarang ini. Kantor konvensional pun pasti memerlukan peralatan teknologi pula, karena memang banyak aktivitas perusahaan yang pada akhirnya perlu dilakukan secara daring.

Adapun sewa tempat untuk kolaborasi dalam menyelesaikan proyek dapat disiasati dengan bertemu di tempat umum yang nyaman. Misalnya, di perpustakaan umum atau di taman.

Selain itu, tidak jarang pula penyedia layanan Virtual Office juga menyediakan fasilitas Coworking Space dan meeting room secara cuma-cuma/gratis atau dengan harga yang sangat murah. Salah satunya adalah Gapura Office.

Bagaimana, masih ragu menggunakan layanan dari Virtual Office? Semua keputusan ada di tangan Anda. Apakah Anda ingin mereguk keuntungan dari perkembangan teknologi dan bisnis atau tidak, Andalah yang menentukan.

Tips Mendapatkan Virtual Office Yang Cocok Untuk Usaha

Nah, agar bisa mendapatkan Virtual Office yang cocok dan sesuai dengan jenis usaha Anda, sebaiknya dilihat kembali apa saja keuntungan yang didapatkan dari sewa Virtual Office tersebut. Terutama keuntungan-keuntungan yang membantu proses operasional bisnis atau perusahaan kita, seperti :

  • Free WiFi dan kebutuhan lain seperti listrik dan air.
  • Tempat nyaman dan kondusif.
  • Terdapat alamat jelas untuk melakukan surat menyurat.
  • Ruang meeting.
  • Tempat parkir.
  • Security.
  • Alamat kantor mudah dicari.
  • Dan berbagai keuntungan lain yang dapat membantu proses bisnis.

Selain itu, sesuaikan dengan kebutuhan usaha. Jangan terlalu berlebihan dalam menyewa sebuah Virtual Office. Dengan begitu, maka tidak ada biaya-biaya tidak efketif yang dikeluarkan, karena alokasi modal dapat digunakan dengan baik.

Lantas, dimana kantor semacam ini dapat Anda temukan?

Tenang saja, saat ini sudah banyak jasa sewa yang menawarkan Virtual Office, dan salah satunya adalah Gapura Office atau Virtual Officeku.

Pilihan Virtual Office Yang Kami Berikan

Untuk menjawab kebutuhan pelaku usaha dan pebisnis dengan modal terbatas, namun membutuhkan kantor untuk menjalankan proses operasional bisnis, maka kami Gapura Office menyediakan berbagai layanan penyediaan Virtual Office untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Anda dapat memilih layanan kantor yang kami sediakan sesuai dengan kebutuhan usaha Anda. Dengan harga yang sesuai dengan kebutuhan, Anda dapat menjalankan usaha bisnis Anda sesuai dengan kapasitasnya dan lebih efektif serta efisien.

Jika ingin mendapatkan penawaran lengkap, Anda bisa langsung mengunjungi halaman pricing kami di sini, untuk mendapatkan promo dan penawaran menarik lainnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera Hubungi Kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan konsultasi GRATIS untuk pendirian perusahaan Anda.