Blog Post
Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mendirikan Apotek
GAPURA OFFICE – Hai sobat Gapura! Untuk memenuhi berbagai kebutuhan, sebagian orang mungkin melakukan usaha sampingan. Maka untuk menambah penghasilan yang ada, biasanya orang akan lebih memilih untuk membuka peluang usaha. Nah, salah satu yang bisa dijadikan sebagai peluang usaha adalah mendirikan Apotek.
Apotek sendiri adalah sebuah tempat untuk melakukan berbagai pekerjaan farmasi serta penyaluran dari ketersediaan farmasi, dan juga perbekalan dari kesehatan lain untuk masyarakat.
Apotek sangat dibutuhkan oleh setiap orang. Misalnya, jika ingin mengobati berbagai penyakit yang diderita, maka membutuhkan Apotek untuk berkonsultasi atau membeli obat.
Biasanya, salah satu impian setiap Apoteker adalah membuka Apotek. Apalagi untuk bisa mendirikan usaha Apotek ini Anda tidak harus memiliki pengetahuan yang memadai. Sebab, Anda bisa membuka Apotek dengan membeli waralaba Apotek yang namanya sudah besar. Biasanya hal tersebut akan dibantu dan dibimbing mengenai berbagai pengetahuan mengenai obat-obatan.
Berikut ini adalah beberapa persiapan yang harus dilakukan sebelum Anda membuka usaha Apotek.
Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mendirikan Apotek
1. Melakukan Survei Tempat Yang Strategis.
Tempat strategis ini menjadi faktor utama keberhasilan Apotek milik Anda nantinya. Jadi, sebaiknya Anda mencari tempat yang berdekatan dengan rumah sakit atau juga di pusat keramaian.
Jika Anda memiliki sedikit modal dan ingin membuat sebuah Apotek dengan ukuran yang tidak terlalu besar pun tidak menjadi masalah bila berada di lokasi yang strategis.
Usahakan pula berada di daerah sekitar Apotek tersebut tidak banyak Apotek lain yang berdekatan. Hal ini menjadi penting. Karena jika banyak Apotek disekitaran lokasi Anda, maka biasanya masyarakat akan lebih memilih ke Apotek yang sudah lama.
2. Modal Usaha.
Jika Anda hendak mendirikan usaha Apotek, maka Anda harus mempersiapkan modal yang memadai untuk membuat Apotek yang nyaman. Sebaiknya, Anda juga menyiapkan ruangan sebagai tempat tunggu agar pelanggan merasa nyaman.
Anda bisa mencari tahu mengenai modal yang dibutuhkan untuk membuka sebuah Apotek kepada orang yang telah membuka Apotek, atau bisa juga mencari tahu di internet.
Sekedar informasi, modal minimal yang dibutuhkan untuk dapat mendirikan usaha Apotek adalah Rp 50 juta.
Nah, setelah mengetahui persiapan yang harus dilakukan sebelum membuka usaha Apotek, maka langkah selanjutnya adalah Anda harus memperhatikan syarat-syarat untuk mendapatkan Surat Izin Mendirikan Apotek.
Berikut persyaratan administrasi yang dibutuhkan untuk mendapatkan Surat Izin Mendirikan Apotek, yaitu :
Syarat Mendirikan Apotek
1. Fotocopy dari Surat Izin Kerja atau SIK, Anda juga melampirkan SK penempatan dari Apoteker non PNS.
2. Fotocopy KTP dari Apoteker.
3. Untuk Asisten Apoteker harus melampirkan berkas berikut :
- Fotocopy KTP.
- Fotocopy SIK dari asisten Apoteker.
4. Rekomendasi yang berasal dari ISFI (Ikatan Sarjana Farmasi Indonesia).
5. Surat izin yang berasal dari atasan untuk pemohon PNS/ TNI/ instansi lainnya.
6. Surat perjanjian berupa kerjasama dari Apoteker serta pemilik dari sarana Apoteker.
7. Surat pernyataan pemilik sarana Apoteker PSA bahwa tidak pernah sebelum melanggar Undang-Undang pada bidang farmasi.
8. Denah dari bangunan Apotek serta denah dari situasi Apotek dengan Apotek lainnya.
9. Daftar rincian dari alat perlengkapan yang ada di Apotek.
10. Fotocopy dari Surat Sertifikat Tanah yang bisa berupa hak milik, sewa atau juga kontrak.
Prosedur Pembuatan Surat Izin Mendirikan Apotek
Setelah memenuhi persyaratan tersebut, maka prosedur yang harus dilakukan adalah :
- Permohonan Izin yang berasal dari Apoteker diajukan pada kepala Dinkes di Kabupaten/ Kota.
- Mengisi formulir dengan benar dan lengkap.
- Tim Dinkes akan melihat persyaratan administrasi dan meninjau.
- Kepala Dinkes akan menandatangani surat Izin.
- Setelah ditandatangani, maka surat Izin sudah bisa dimiliki.
Baca juga: Urus Izin Usaha Mendirikan Apotek di Jakarta
Demikianlah beberapa persiapan yang harus dilakukan sebelum Anda membuka usaha Apotek beserta dengan syarat dan prosedur pembuatan Surat Izin Mendirikan Apotek.
Nah, jika sudah mengetahui persyaratan administrasi yang dibutuhkan untuk mendapatkan surat Izin Mendirikan Apotek, dan saat ini Anda sedang mempertimbangkan untuk mendirikan usaha Apotek, di Gapura Office atau Virtual Officeku Anda bisa mendirikan Apotek dengan mudah dan cepat.
Ditambah lagi, biaya untuk pengurusan Izin Mendirikan Apotek di Gapura Office pastinya dengan harga yang terjangkau. Dimana biaya yang kami tawarkan di sini lebih murah jika dibandingkan dengan perusahaan lainnya.
Adapun keunggulan lainnya dari kami adalah perizinan yang tidak sulit, Izin Usaha yang lengkap, mudahnya mendapatkan perizinan, dan konsultasi hukum pada orang yang ahli dan berpengalaman. Semua pelayanan tersebut akan Anda dapatkan hanya dalam satu paket Biaya Pengurusan Izin Mendirikan Apotek.
Jadi, segera wujudkan impian Anda mendirikan usaha Apotek hanya di Gapura Office. Dan dapatkan layanan pengurusan legalitas perizinan dan pendirian usaha Anda dengan cepat dan profesional dari kami.
Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan konsultasi GRATIS untuk pendirian usaha, Anda bisa langsung menghubungi tim Marketing kami DI SINI. Dan dapatkan layanan pengurusan legalitas perizinan dan pendirian perusahaan Anda dengan cepat dan profesional bersama kami. Dengan senang hati kami akan melayani Anda!
Kami memang memberikan konsultasi GRATIS bagi orang-orang yang ingin mengurus perizinan usaha dengan menggunakan jasa kami. Dan kami akan sangat senang bisa membantu Anda!
Tak hanya itu saja, kami juga menyediakan layanan sewa Virtual Office dan Coworking Space yang terdapat di beberapa lokasi di Jakarta, Tangerang, Bekasi, dan juga Depok, yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.
Ingat, persiapkan segala persyaratan dalam membuat surat Izin Usaha agar pengurusan bisa berjalan dengan lancar dan mudah. Daftarkan usaha Anda dan jadilah pengusaha yang sukses suatu saat nanti. So, start your business right bersama Gapura Office!